Kamis, 30 Desember 2010

Bisnis tanpa uang

Modalnya Kepercayaan

Memulai usaha tanpa uang tunai dapat pula Anda lakukan dengan menjadi perantara. Menjadi perantara pada intinya adalah menjual informasi. Informasi merupakan jantung untuk meraih kesuksesan.
Pak Ali menjadi perantara ketika STMIK AMIKOM Yogyakarta membeli tanah milik PT. Djarum yang berada di Jalan Ring Road Utara Condong Catur, Sleman Yogyakarta. Luas tanah yang dibeli STMIK AMIKOM Yogyakarta kurang lebih 6000 meter persegi. Harga setiap meter ketika itu Rp. 275.000,-, maka harga keseluruhan Rp. 1.650.000.000,-. Pak Ali mendapat 2,5 % dari harga keseluruhan sebagai perantara, yaitu Rp. 41.250.000,-. Dengan pendapatan yang begitu besar sekali melakukan transaksi, maka menjadi perantara menjadi pekerjaan yang sangat menarik. Demikian juga ketika saya menjual tanah di daerah Monumen Jogja Kembali, seharga Rp. 220 juta, kawan saya sebagai perantara mendapat Rp. 5,5 juta dari saya. Belum lagi kawan saya juga mendapat bagian dari pembeli tanah saya. Cukup lumayan bukan?.
Saya mempunyai kawan bernama Pak Bambang yang tinggal di Surabaya. Salah satu pekerjaanya selain mempunyai Biro Hukum juga menjadi perantara dari kawan-kawannya. Pak Bambang biasanya menjadi perantara jual beli perusahaan-perusahan besar. Jika Pak Bambang mengatakan bahwa perusahaan tersebut Clear, maka kawannya baru mau membeli perusahaan tersebut. Profesional fee, yang diperoleh bukan lagi dalam jutaan rupiah, tetapi dalam milyaran rupiah. Meskipun kaya, tetapi Pak Bambang orangnya tetap sederhana. Sebagian uangnya digunakan untuk membeli berbagai macam Perguruan Tinggi dan Sekolah dan diberikan kepada kawan-kawannya yang kemampuan finansialnya masih jauh darinya. ”Iki sawah paculono, neng ojo pacul-paculan” kata Pak Bambang memberi nasihat kepada kawan-kawannya.
Anda dapat menjadi perantara berbagai macam produk. Di harian Kedaulatan Rakyat setiap hari selalu muncul iklan-iklan baris yang menawarkan berbagai macam peluang. Mulai dari rumah, tanah, mobil, sepeda motor, handphone, barang-barang elektronik dan berbagai macam yang lainnya. Anda dapat memanfaatkan kesemuanya sebagai informasi yang sangat luar biasa. Anda dapat menjadi perantara dari berbagai macam kebutuhan manusia. Anda sekarang telah menjadi konglomerat baru, karena mempunyai berbagai macam barang dagangan yang tak terhitung jumlahnya. Itupun baru dari satu media. Belum menggunakan media selain Harian Kedaulatan Rakyat. Apalagi di media yang disebut Internet, lebih bertaburan peluang bisnis bagai bintang bertaburan di ruang angkasa. Menjadi perantara merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan yang menjadikan Anda dapat memulai usaha tanpa uang tunai. Selamat mencoba, semoga Anda berhasil.
Belajar dari Mark Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg merupakan entrepreneur muda peringkat pertama dunia yang usianya di bawah 30 tahun dan merupakan anak emas teknologi terbaru yang lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York dari keturunan Amerika-Yahudi dan dibesarkan di Dobbs Ferry, New York.
Sekarang tinggal di Palo Alto, California. Ia adalah anak seorang dokter gigi dan sekolah di Ardsley High School dan kemudian di Philips Exeter Academy serta menjelang selesai direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk meng-hacking- suatu proyek. Pada 2006, ia diterima di Harvard University. Di Harvard, sebagai seorang programer komputer, ia melanjutkan menciptakan proyek yang pertama “Coursmatch” yang memperbolehkan mahasiswa melihat daftar mahasiswa dalam satu kelas yang sama. Proyek berikutnya, Facemash.com yang merupakan situs rating gambar spesifik Harvard serupa dengan Hot or Not. Situs tersebut online selama empat jam sebelum akses internet Zuckerberg dicabut oleh kantor bagian administrasi. Departemen pelayanan komputer sebelum membawa ke Harvard University Administrative Board, ia dituduh melanggar keamanan komputer dan melanggar aturan privasi internet dan hak kepemilikan intelektual.
Zuckerberg meluncurkan Facebook dari ruang asramanya Harvard pada 15 Februari 2004 dan dibantu Harvardnya Andrew McCollum sukses di Harvard serta 2/3 dari mahasiswa menjadi anggotanya dalam dua minggu pertama. Zuckerberg kemudian memutuskan untuk memperluas ke perguruan tinggi lainnya dan dibantu teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes memperluas ke Stanford University, Columbia University dan Yale University, kemudian Ivy League college lainnya serta perguruan tinggi di Boston. Pada awal musim panas, Facebook telah diluncurka pada 55 perguruan tinggi.
Pada akhir Oktober 2007, Microsoft membeli 1,6 % saham dengan harga $ 240 juta, maka diperkirakan kekayaan Facebook mencapai $ 1,5 milyar. Beberapa analis dan sebagian kecil investor Facebook memperkirakan bahwa nilai perusahaan jauh lebih rendah dari yang diperkirakan.Pada 6 November 2007, Zuckerberg mengumumkan sistem periklanan sosial yang baru dalam sebuah kegiatan di New York dan diberi nama Beacon yang memungkinkan orang untuk berbagi informasi dengan kawannya Facebook berdasarkan aktivitas browsing pada situs lainnya. Penjual eBay dan Fundango bergabung untuk menjual produknya melalui Facebook. Mereka membiarkan kawannya mengetahui apa yang mereka jual melalui Facebook news feed sebagai daftar produk yang dijualnya. Pada 1 Desember 2007, kredibilitas Facebook terhadap program Beacon diuji lebih jauh ketika diberitakan oleh The New York Times “tuduhan dasar” kebohongan Mark Zuckerberg terhadap surat kabar dan kepergian Coca-Cola dengan kesan yang sama. Pada 5 Desember 2007, Zuckerberg menulis sebuah berita blog pada Facebook meminta maaf terhadap Beacon dan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menentukan keluar dari pelayanan..
Saat ini Facebook mempunyai pengguna aktif lebih dari 66 juta dan diperkirakan penjualan pertahunnya mencapai $ 150 juta. Zuckerberg merupakan pengusaha asal Amerika Serikat yang menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan saat ini ia menjabat sebagai pendiri dan CEO Facebook. Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekayaannya ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar Amerika.
Belajar dari Simply Self Storage
Simply Self Storage merupakan perusahaan yang pertumbuhannya paling cepat di Amerika. Pada saat perusahaan ini didirikan pada 2003, karyawannya hanya 12.Pada 2007, penjualannya mencapai $109,1juta dengan karyawan 486 orang.
Simply Self Storage is the largest privately owned self storage company in the United States and Puerto Rico. We’re not just some upstart who’s new to the self storage business. In fact, we were number 18 in the country before selling off our portfolio in the late 1990’s. We “got back into the game” in 2003 because we knew that the country was ready for a different kind of storage experience. We own and/or operate over 225 facilities with over 15.6 million square feet of storage space. Our success has allowed us to accelerate our plans – we’re developing and acquiring dozens more over the next year.
Why are we moving so fast? What’s been the key to our success? Well, let’s face it – self storage is not always thought of as the most dynamic industry with the best people in it, right? On the contrary, we’ve always believed that it doesn’t have to be that way. Our people are excited, enthusiastic and energetic – they know that we’re in a service business and we only hire people who understand that. Our staff is trained in customer service and sales in addition to self storage. We know that you’re not just storing your valuable personal belongings with us, you’re storing your memories, your life, the results of all your hard work. We treat you and your belongings with the care that they deserve! www.simplyss.com
Bisnis yang menguntungkan

Nilai merupakan panduan-panduan untuk bertindak atau bersikap yang berasal dari dalam diri, berupa prinsip-prinsip bagaimana menjalani hidup dan mengambil keputusan.
Nilai, pertama kali dikenalkan oleh orang tua di masa kanak-kanak dan kemudian ditambah oleh guru, keyakinan agama, kawan serta lingkungan pergaulan. Nilai-nilai spiritual, saat ini merupakan fondasi perilaku individu yang sangat penting. Mengapa penting untuk mengetahui nilai-nilai seorang individu ? Meskipun ini tidak mempunyai suatu dampak langsung terhadap perilaku, nilai-nilai dengan kuat mempengaruhi sikap-sikap seorang. Jadi pengetahuan mengenai sistem nilai seorang individu dapat memberikan wawasan ke dalam sikap-sikapnya.
Dengan diketahui bahwa bilai-nilai orang berlainan, para manajer dapat menggunakan Survai Nilai Rokeach, yang membagi nilai menjadi dua kelompok, yaitu nilai instrumen dan nilai tujuan yang dapat digunakan untuk menilai karyawan yang potensial dan menetapkan apakah nilai-nilai mereka segaris dengan nilai dominan dari organisasi. Kinerja dan kepuasaan seorang karyawan kemungkinan besar akan lebih mengaggap sangat penting, imaginasi, ketak bergantungan, dan kebebasan kemungkinan besar akan buruk kesesuaian nilainya dengan suatu organisasi yang mengusahakan kepatuhan dari para karyawannya. Para manajer akan lebih kemungkinan mengahargai, menilai dengan positif, dan membagikan imbalan kepada para karyawan yang sesuai dalam organisasi, dan karyawan akan lebih besar kemungkinannya dipuaskan jika mereka mempersepsikan bahwa mereka memang sesuai. Ini membela manajemen yang berusaha keras selama seleksi karyawan baru untuk menemukan calon yang tidak hanya mempunyai kemampuan, pengalaman, dan motivasi untuk berprestasi, tetapi juga suatu sistem nilai yang sesuai (kompatibel) dengan sistem nilai organisasi.
Para manajer hendaknya tertarik pada sikap-sikap karyawan mereka karena sikap memberikan peringatan terhadap problem potensial dan karena sikap mempengaruhi perilaku. Karyawanyang terpuaskan dan komitmen, misalnya mempunyai tingkat keluar dan kemangkiran yang lebih rendah. Bila para manajer menginginkan agar permohonan berhenti dan absensi berkurang – terutama di antara karyawan mereka yang produktif – mereka akan menginginkan melakukan hal-hal yang akan membangkitkan sikap kerja yang positif, demikian tulis Stephen Robbins dalam Organizational Behavior.
Perusahaan yang dipandu dengan nilai terbukti sukses dalam jangka panjang. Grameen Bank merupakan perusahaan yang mengedepankan nilai dengan visinya mengenai dunia tanpa kemiskinan. Grameen Bank yang didirikan oleh Muhammad Yunus mempunyai hanya satu tujuan yaitu menyalurkan kredit bagi kaum miskin di Bangladesh.
Nilai-nilai yang ditanamkan Muhammad Yunus kepada karyawan atau stafnya membuat Grameen Bank berkembang pesat. Pertama kali membantu kelompok ibu-ibu pengrajin bambu miskin itu, sekarang telah membantu 46.000 desa di Bangladesh. Apalagi kalau dalam bisnis tersebut dipandu dengan nilai ibadah kepada Allah, maka bisnis itu akan memperoleh keuntungan yang besar. ”Allah mengasihi orang yang mudah dalam penjualan, pembelian, pelunasan dan penagihan. Barang siapa memberi penangguhan kepada orang yang dalam kesusahan (untuk membayar hutang) atau membebaskannya, maka Allah akan menghisabnya dengan penghisaban yang ringan. Barang siapa menerima kembali pembelian dari orang-orang yang menyesali pembeliannya, niscaya Allah membatalkan (menghapus) kesalahannya pada hari kiamat.” sabda Rasulullah SAW.
Modalnya pembayaran di muka


Selain dengan membuka usaha tanpa uang tunai dengan pembayaran di belakang, dapat pula Anda membuka usaha dengan pembayaran di muka. Gabungan antara memulai usaha dengan pembayaran di belakang dan pembayaran di muka merupakan yang paling ideal. Gedung atau kantor, iklan, brosur dapat kita peroleh dengan pembayaran di belakang, sedangkan pelanggan kita menggunakan pembayaran di muka. Usaha berupa kursus, lembaga pendidikan kejuruan dan bahkan pendidikan tinggipun dapat dilakukan dengan strategi pembayaran di muka.
Pada saat kami membuka cabang Pusat Pendidikan Komputer dan Manajemen IMKI di jalan Abubakar Ali nomor 20 Kotabaru Yogyakarta, setelah beriklan di Harian Kedaulatan Rakyat yang dapat dibayar di belakang, akhirnya mendapat 35 siswa. Kemudian diberikan kuliah umum yang berisi penjelasan teantang materi yang akan diajarkan selama satu tahun. Dimulai dari materi Achievement Motivation Training sampai System Analysis. Tiba-tiba mereka bertanya “Pak komputernya mana kok tidak ada?”. “Coba perhatikan dalam iklan bunyinya bagaimana?.”, saya balik bertanya. “Pendikan Komputer dilengkapi pendidikan manajemen praktis dan kewirausahaan,” jawab mereka. “Anda benar. Dalam satu bulan pertama ini Anda akan mendapatkan pendidikan manajemen praktis dan kewirausahaan, kemudian baru dilanjutkan pelajaran komputer” jawab saya sambil berkata dalam hati “tetapi kamu juga harus membayar”. Setelah satu bulan mereka puas, akhirnya membayar. Dari uang siswa tersebut saya kreditkan komputer dapat 12 komputer. “Itu komputernya” kata saya. “Oh komputernya sudah ada ya Pak” kata mereka. Saya tersenyum sambil berkata dalam hati “sesungguhnya itu juga uang Anda”. Maka kita dapat meng operasikan usaha dengan pembayaran di muka, yaitu pembayaran dari pelanggan kita.
Bahkan ketika saya bersama-sama dengan kawan-kawan dari Totalwin Institute of Management bekerjasama dengan Warnbrough University, Inggris. membuka Program MBA (ketika itu belum dilarang), cukup menyediakan hotel bintang lima yang dapat dibayar di belakang, kemudian para mahasiswa membayar di muka. Pertama kali, calon mahasiswa dikumpulkan di salah satu hotel berbintang diberikan penjelasan tentang Program MBA dari Warnbrough University. Termasuk berapa biaya, kalau harus kuliah di Inggris. Kalau kuliah di Indonesia dapat menggunakan pengantar Bahasa Indonesia. Tesisnya saja dalam Bahasa Inggris di supervisi oleh Perwakilan Warnbrough University dari Australia. Setelah selesai kuliah umum, bagi yang berminat dapat memberikan uang muka Rp. 1.000.000,-. Dari uang tersebut dapat digunakan untuk sewa ruangan beserta perlengkapan lainnya, sehingga pengelola tidak mengeluarkan biaya. Setelah minimal 15 mahasiswa mendaftar, kuliah segera di mulai. Dengan demikian hotel beserta fasilitas lainnya dapat dipenuhi dengan pembayaran dimuka dari mahasiswa. Dari hasil Program MBA tersebut akhirnya dapat digunakan untuk mendirikan Program MM STIE “ABI” Surabaya. Barangkali Program Magister Manajemen yang paling laris di Indonesia, karena mempunyai mahasiswa sekitar 1000 orang.
Strategi Produk Nabi Muhammad SAW (2)
Keistimewaan merupakan karakteristik yang melengkapi fungsi dasar produk. Produk istimewa pada masa jahiliyah adalah perhiasan dari emas, perak dan pakaian sutra. Sebelum Muhammad menjadi Nabi perhiasan emas dan pakaian sutra boleh dipakai oleh pria dan wanita. Dari Ibnu Umar r.a.,Rasulullah s.a.w.memakai cincin dari emas atau perak dan dijadikannya muka cincin itu di sebelah telapak tangan beliau dimana terukir tulisan ”Muhammad Rasulullah”. Orang banyak mulai memakai cincin seperti itu pula. Setelah beliau melihat orang ramai memakaicincin seperti itu, beliau lalu membuang cincin itu dan bersabda :”Saya tidak akan memakainya lagi untuk selama-lamanya.” Kemudian beliau memakai sebuah cincin perak. Orang banyak juga mulai memakai cincin perak. Ibnu Umar berkata : Setelah Nabi s.a.w., orang yang memakai cincin itu adalah Abu Bakar, lalu Umar, lalu Utsman, sampai cincin itu jatuh dan hilang oleh Utsman ke dalam sumur di Aris.
Produk ini lebih ditujukan kepada wanita dan untuk dijual. Dari Abdullah bin Umar r.a, katanya : “Nabi s.a.w. pernah mengirimkan pakaian sutera atau sutera campuran kepada Umar r.a., kemudian beliau melihat pakaian itu dipakai oleh Umar. Sabda beliau, “Sesungguhnya aku kirimkan pakaian itu kepadamu, bukanlah untuk kau pakai. Yang akan memakainya ialah orang-orang yang tidak beruntung baginya. Kukirimkan kepadamu ialah supaya engkau dapat mengambil manfaat daripadanya, yakni supaya kau jual.”(Bukhari).
Gaya menggambarkan penampilan dan perasaan itu bagi pelanggan. Dari Aiman r.a.,katanya : Saya masuk kerumah Aisyah, di situ ada baju perempuan yang terbikin dari benang seharga lima dirham. Kata Aisyah : ”Lihatlah sahaya perempuan, perhatikanlah dia! Ia merasa megah karena memakai pakaian itu dalam rumah. Saya pernah memakai baju itu pada masa Rasulullah s.a.w. Setiap wanita yang ingin berdandan di Madinah, selalu mengirim utusan kepadaku untuk meminjaminya”(Bukhari).

Abdan kecewa karena tiba-tiba berhenti bermain.

Abdan (Kecewa) : “Ya..bapak.”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dari 2 dtk)

Tiba-tiba terdengar suara ibunya dan Abdan menoleh.
Naskah untuk ABDAN 1rst Draft.

Catatan tambahan durasi :

-Setelah Satria Muhammad Bin Umar mengatakan Banjarsari Match dissolve to Ayah Abdan sedang bercerita tentang Banjarsari kepada Abdan.
-Adegan bahagia Abdan bersama ortu di alam mimpi diperpanjang.
Fade in.

Ext. Kaki gunung Wilis, puncak bukit – pagi

S : 1 C : 1

Seorang ksatria sedang berdiri membelakangi layar sedang memandang ke arah pemandangan di depannya.

Satria (Close Up) sambil membatin.

Satria (membatin) : “Puji syukur kepadaMu ya Allah yang telah memberiku berkah tanah yang demikian suburnya.”

Kemudian dia melihat ke arah tanda hadiah dari raja Brawijaya.

Satria (VO):

“Semoga Yang Kuasa melimpahi kemamkmuran baginda raja Brawijaya dan seluruh kerajaan Majapahit.”

Time : 9 dtk (jeda 1 dtk dr wktu 8 dtk)

Cut…..

C : 2

Ksatria POV, PAN daerah pegunungan, terus ke arah daerah pegunungan menunjukkan keindahan alamnya dan di depannya terletak sebuah tanah kosong di kaki bukit.

Time : 9 dtk

Cut…..

C : 3

Zoom ke sebuah aliran sungai kecil dan kemudian Pan down mengikuti aliran air akhirnya ke sebuah desa yang berada di kaki pegunungan.

Time : 10 dtk.

Cut to….

Ext. desa Banjarsari, daerah persawahan – pagi

S : 2 C : 1

PAN sebuah daerah persawahan di desa Banjarsari, beberapa orang sedng membajak sawah, ada beberapa orang lewat, seorang wanita sedang membawa makanan di tepian sawah menyapa kepada seorang petani yang lewat.

Zoom in ke sebuah rumah kecil di tepian jalan desa dekat sawah.
Time : 10 dtk

Cut to….

Int. Desa Banjarsari – Rumah kecil – Pagi

S : 3 C : 1

Seorang anak lelaki sedang duduk di meja berhadapan dengan ayahnya bermain catur.

Time : 5 dtk

Cut….

C : 2

Dilihat dari susunan di atas papan catur sepertinya pihak ayahnya yang memegang kendali permainan.

Time : 4 dtk.

Cut....

C : 3

Sekarang terlihat dari anak tersebut sedang berpikir untuk menaruh bidak caturnya.

Time : 4 dtk

Cut.....

C : 4

Akhirnya anak itu tersernyum dan

Time : 3 dtk.

Cut….

C : 5

tangannya dengan yakin menaruh bidak caturnya (kuda) dan memakan bidak raja yang masih dilindungi oleh beberapa bidak, dan berhasil mengalahkan ayahnya.


Time : 10 dtk.

Cut.....

C : 6

Si ayah menyerah

Si anak (Abdan) berseru kegirangan : “Horeeee, Aku menang..aku menang!!!!”

Time : 5 dtk (jeda 1 dtk dari waktu 4 dtk)

Ayah (senang) : “Wah, Abdan sudah jadi Grandmaster catur ya?!”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dari waktu 3 dtk).

Ayah : “Sekarang, Mau Abdan apa?”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dari waktu 3 dtk).

Abdan berpikir sebentar dan tiba-tiba berseru

Abdan (Gembira) : “Main Kambing-kambingan!!”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dr wktu 2 dtk).

Ayahnya segera mengangguk.

Time : 1 dtk.

Abdan (Bersorak Gembira) : “Asyik!!!”

Time : 2 dtk (jeda 1 dtk dari waktu 1 dtk).

Cut….

C : 7

Kemudian Ayah dan anak tersebut bermain kambing-kambingan dengan sang anak (Abdan) menunggang punggung ayahnya dan mereka sangat bergembira.

Ada tambahan Close up ke Abdan yang sedang gembira dan Ayah yang sedang tersenyum dan klo bisa ada adegan mereka sedang main kambing-kambingan.

Time : 8 dtk

Cut….

C : 8

Tiba-tiba ayahnya berhenti dan mengatur napasnya.

Time : 2 dtk.

Ayah (kecapean) : “Abdan...turun dulu nak.”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dr 3 dtk).

Abdan turun dari punggung ayahnya dan Ayahnya pun berdiri.

Time : 4 dtk.

Abdan (manja dan menarik-narik baju ayahnya) : “Pak..bapak..ayo main lagi!”

Time : 5 dtk (jeda 1 dtk dr 4 dtk)

Ayah (kecapean tapi tetap gembira) : “Kita istirahat dulu ya...nak....ya.”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dr 3 dtk).

C : 9

Ibu (VO) : “Abdan, bapak sedang capek, ini ibu buatkan es kelapa buat kamu sama bapak.”

Time : 7 dtk (jeda 1 dtk)

Cut...

C : 10

Mendengar Ibunya membuatkan es Kelapa, kekecewaan Abdan hilang.

Ibunya Abdan (sambil memberikan segelas minuman). : “Ayo...Abdan minum Es kelapanya dulu ya.”

Time : 4 dtk (jed 1 dtk dr waktu 3 dtk).

Abdan menerima gelasnya dengan senang.

Abdan (Senang) : “Makasih ya Bu.”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dari waktu 2 dtk).

(Klo bisa ditambah adegan dimana Ibu dan Bapaknya Abdan saling berpandangan dan melihat ke arah Abdan kemudian Close Up Abdan tersenyum bahagia).

Time : 4 dtk.

Cut...


C : 11

Setelah minum tiba-tiba ayah Abdan mengajak Abdan bermain kembali.

Ayah (menirukan suara Kambing) : “Ayo, Dan..kambingnya sudah kuat lagi”

Time : 6 dtk (jeda 1 dtk dari 5 dtk).

Abdan (Gembira) : “Hore!!Sekarang Abdan naiknya ngadep ke belakang!”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dr 3 dtk).

Cut....

C : 12

Kemudian dia duduk sambil membelakangi ayahnya dan melambaikan tangannya kepada ibunya dan ibunya membalas lambaian tangan Abdan dengan tersenyum, tetapi karena ayahnya bergerak mendadak akhirnya Abdan terjatuh dengan kepalanya membentur lantai terlebih dahulu.

Time : 12 dtk.

Cut…..

C : 13

Abdan mau terjatuh.

Abdan (Panik) : “Aaaaahhhh!!!”

Time : 3 dtk.

Cut.....

Cut : 14

Abdan terjatuh

Time : 2 dtk

Cut to.....











Int. Rumah Abdan, kamar Abdan – pagi

S : 4 C : 1

PAN Kamar Abdan.

Time : 4 dtk

SFX : Suara langkah kaki.

Cut....

C : 2

Abdan terbangun dari tidurnya, ketika mendengar langkah orang di luar kamar,

Abdan segera bangun dari tempat tidurnya dan segera membuka pintu kamarnya.

Abdan (Teriak) : “Ibu..ibu..!!!”

Time : 7 dtk

Cut…..

Cut : 3

Langkah kaki seorang perempuan sedang berjalan di dalam rumah dan mendekati kamar.

Time : 3 dtk.

Cut….

C : 4

Abdan sudah keluar dari kamarnya (yang terdengar hanya suara langkah kaki Abdan, (mungkin dengan tambahan adegan Abdan berlari tampak dari atas).

Done.

Time : 4 dtk.

Cut to.....

Int. Rumah Abdan, dapur – Pagi.

S : 5 C : 1

Abdan (point Of View) berlari menuju neneknya yang heran melhat Abdan berlari ke arahnya.

Time : 3 dtk.

Nenek (Heran) : “Abdan, kamu kenapa?”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dari 2 dtk),

Cut....

C : 2

Abdan menghentikan larinya

Abdan : “Nek, Ibu dan Bapak mana?’

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dr wktu 2 dtk).

Nenek terdiam.

Time : 2 dtk.

Cut.....

C : 3

Close up Abdan.

Abdan (memaksa) : “Bapak dan Ibu kemana nek?”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dr 2 dtk).

Cut....

C : 4

Nenek (Close up)

Nenek (Berterus terang) : “Bapak sama Ibu pergi.”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dari 2 dtk)

Cut....

C : 5

Abdan mau menangis

Abdan : “Ibu...ibu...!!!”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dr 2 dtk).

Cut....

C : 6

Abdan menangis (Slow motion)

Time : 4 dtk.

Done.

Cut....

C : 7

Abdan segera berlari (Close up Kaki) ke arah pintu depan.

Ditambah badannya Abdan Close up (Klo bisa atau ada usul lain).

Time : 4 dtk.

Cut....

C : 8

Abdan berteriak mencari Ibunya sambil menarik-narik pintu Belakang yang terkunci.

Abdan (Menangis dan berteriak) : “Ibu..Ibu !!!!”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dari 3 dtk).

(Kalo bisa ditambah adegan Abdan berlari)

Cut.....

C : 9

Abdan sampai di pintu depan kemudian menarik-nariknya lagi.

Abdan (Berteriak dan menangis serta ketakutan) : “Ibu..Ibu !?”

Time : 3 dtk.

(Kalo bisa ditambah adegan Abdan berlari)

Cut....

C : 10

Abdan sampai di pintu depan dan melakukan hal yang sama tetapi ternyata pintu depan terkunci sambil menangis.

Time : 3 dtk.

Cut.....




C : 11

Abdan marah

Close up Abdan marah dan mulai memukuli Pintu.

Abdan (Berteriak sambil menangis) : “Ibu..ibu..!!!”

Time : 5 dtk.

Cut....

C : 12

Tiba-tiba Nenek Abdan memegang pundak Abdan

Nenek sedih dan Abdan tetap menangis.

Time : 3 dtk.

Cut....

C : 13

Nenek memeluk Abdan.

Abdan (Menangis) : “Abdan salah apa?”

Time : 2 dtk (jeda 1 dtk dr 2 dtk).

Nenek (sedih) : “Kamu sedih ya, Ibu dan Bapak kamu pergi?”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dari 3 dtk).

Nenek terdiam sebentar untuk menahan dirinya supaya tidak terlalu terlihat sedih oleh Abdan.

Time : 2 dtk.

Cut.....

C : 14

Nenek berusaha tersenyum dan mendekap Abdan.

Abdan (Masih sedih klo bisa ada animasi mengusap mata) mengangguk

(Ada adegan Nenek memutar Abdan).

Sekarang Abdan sudah berada di hadapan Nenek.

Nenek : “Jadikan nenek sebagai pengganti Ibu dan Bapakmu. Ya?”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dari 3 dtk).

Abdan mulai tersenyum kembal.

Abdan : “Iya nek.”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dari 2 dtk).

Nenek : “Ini, nenek buatkan minum.”

Sambil menyodorkan segelas susu kepada Abdan.

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dr 3 dtk).

Tiba-tiba terdengar suara Jono dan Miskan memanggil.

Jono dan Miskan (VO) : “Abdan, main bola yuk!”

Time : 3 dtk (jeda 1 dtk dr 2 dtk).

Nenek : “Nah, itu teman-temanmu sudah manggil, Abdan suka main bola kan?”

Time : 6 dtk (jeda 1 dtk dr 5 dtk)

Abdan : “Iya, sekarang Abdan pergi main dulu ya nek?”

Time : 5 dtk (jeda 1 dtk dari 4 dtk).

Nenek : “Iya tapi Dzuhur sudah sampai rumah ya.”

Time : 4 dtk (jeda 1 dtk dari 3 dtk).

Abdan : “Iya nek.”

Time : 2 dtk (jeda 1 dtk dari 1 dtk).

Cut to....

Ext. Rumah Abdan, halaman depan – siang

S : 6 C : 1

Abdan dan Miskan sedang menunggu Abdan di depan pagar.
To Be Continue.........................
Modalnya perhiasan istri


Perhiasan merupakan benda yang dipakai sebagai hiasan. Perhiasan yang dipakai istri kita dapat berupa kalung, cincin atau anting-anting. Perhiasan tersebut biasanya bahannya terbuat dari emas. Istri memperoleh perhiasan tersebut dari mahar (emas kawin) ketika menikah atau dari pemberian orang tuanya atau hadiah dari sang suami tersayang. Perhiasan merupakan modal yang dapat digunakan untuk memulai bisnis.
Haji Ate Tohi dari Desa Sukagerang Garut memulai bisnisnya dari modal kalung, gelang dan anting-anting milik istrinya. “Saya merayu istri saya agar merelakan kalung, gelang dan anting-anting untuk modal. Saya sebenarnya malu untuk mengungkapkan, karena perhiasan tersebut saya berikan untuk istri saya, tidak dijual untuk modal” kata Ate Tohi. Meskipun mertuanya sebagai pengusaha kulit yang cukup kaya tetapi ia malu untuk meminta modal dari mertuanya. Dengan modal perhiasan tersebut ia memulai bisnis dalam bidang perkulitan, karena mendapat dorongan dari teman dan keluarganya secara tidak sengaja. Ate Tohi sejak muda telah memahami seluk beluk kulit dari kakaknya sebagai penyamak kulit.
Strategi yang dilakukan pada awalnya adalah mengikuti pameran di Jakarta pada 1990-an dengan menumpang pada stand milik kawannya, karena belum mampu menyewa stand sendiri. Setelah pameran tersebut, mulai banyak pelanggan yang datang ke tempat Ate Tohi, bahkan banyak pelanggannya dari orang asing. Pada saat krisis justru perusahaannya mendapat keuntungan besar. Bahkan industri mengalami booming saat terjadinya krisis, karena nilai dolar melonjak tajam, $US 1 menembus angka Rp.16.000,-. Ia mengubah pangsa pasar 80 % local menjadi ekspor. Strategi lain yang membuat ia sukses adalah strategi dalam mengelola keuangan. Ia menggunakan prinsip yang dipakai etnis Tionghoa, yaitu selalu mengendalikan pengeluaran paling banyak 50 % dari keuntungan.
Saat ini perusahaan Ate Tohi yang didirikan lebih dari 15 tahun yang lalu telah mempunyai omset lebih dari Rp. 5 milyar perbulan dan telah melakukan ekspor mempunyai karyawan lebih dari 500 orang. Pabrik penyamakan kulit dari Ate Tohi telah berkembang menjadi 2,4 hektar dan akan dikembangkan dengan produksi dua kali lipat. Ia melakukan investasi tersebut, karena ia memandang bahwa bisnis kulit masa depannya cerah dan pasarnya luas.
Demikian juga yang saya alami. Perjalanan bisnis tidak selalu mulus. Sesuatu milik istri yang sangat berhargapun kadang kali harus dikorbankan, untuk menyambung dan mempertahankan bisnis yang dalam posisi tidak baik.
“Saya meneteskan air mata ketika menjual cincin 2 gram yang bertuliskan M.Suyanto” kata istri saya pada saat menjual cincin emas kawin kami di toko emas, sehingga saat ini kami tidak mempunyai cincin kawin. Cincin itu untuk mengatasi kesulitan dalam mengarungi bisnis yang hasilnya belum menentu. Memang untuk memulai bisnis, istri kita harus berkorban. Perhiasan milik istri sebagai modal yang mengagumkan. Semoga Allah membalasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Pemasaran

Pemasaran telah berubah cepat akibat perubahan lingkungan baik bisnis maupun non bisnis, yang diidentifikasi dari: 1.   Perubahan perila...