Kamis, 30 Desember 2010

Cara Sehat Mengkonsumsi Kelapa

Cara Sehat Mengkonsumsi Kelapa
Agustus 2, 2010
tags: anti oksidan, anti stroke, hasil penelitian, kelapa
oleh admin

i

5 Pemilih

Quantcast

Cara Sehat Mengkonsumsi Kelapa untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kelapa dan mengurangi pengaruhnya yang berbahaya yang diakibatkan oleh lemak makanan lain, sebaiknya menggunakan minyak kelapa untuk memasak dan untuk kebutuhan pembuatan makanan. Kebanyakan minyak kelapa mempunyai rasa yang sangat gurih dan dapat digunakan untuk jenis makanan apa saja. Dikarenakan minyak kelapa mengandung lemak jenuh, panas pemasakan tidak menimbulkan radikal bebas seperti yang terjadi pada minyak sayur lain.

Untuk keperluan menggoreng, minyak kelapa mempunyai beberapa kelebihan yaitu tidak diserap ke dalam makanan sebanlak sepefti halnya minyak-minyak sayur lain dan tidak menguap begitu banyak sehingga bias digunakan berulang-ulang. Biasanya konsultan gizi tidak menganjurkan mengkonsumsi makanan gorengan karena kebanyakan minyak sayur menjadi beracun ketika digoreng, lain halnya jika anda memakai minyak kelapa, makanan-gorengan justru bermanfaat asalkan tidak dipanaskan secara berlebihan. Minyak apa saja, termasuk minyak kelapa, akan menghasilkan produk samping yang beracun kalo dipanaskan secara berlebihan.

Kandungan Kelapa

Telah diketahui bahwa di dalam daging kelapa segar mengandung 33 % minyak. Penambahan kelapa pada setiap makanan yang kita makan dapat berpotensi memberikan perpanjangan umur yang cukup signifikan dalam kehidupan. Kelapa merupakan sumber serat yang baik, yang dikenal sangat bermanfaat untuk fungsi pencemaan yang benar. Kandungan serat yang dimilikinya bisa sampai 3 – 4 kali jumlah kebanyakan buah-buahan dan sayuran.

Disamping kandungan serat, kelapa juga memberikan beberapa macam gizi yang diperlukan untuk kesehatan, karena mengandung protein sama banyaknya seperti pada kacang hijau, wortel dan kebanyakan sayur. Kelapa mengandung banyak Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin C, Asam Folik dari Kalsium Mineral, Besi, Magnesium, Fosfor, potasium, Sodium, Seng dan sebagainya.

Korelasi Kelapa dengan Sakit Jantung

Masyarakat yang banyak memanfaatkan kelapa sebagai bagian dari makanan mereka sehari-hari, justru mendapatkan risiko sakit jantung yang sangat kecil dan dan dipastikan mempunyai kandungan kolesterol yang relatif normal. Keterangan ini banyak didukung oleh observasi epidemilogis dari banyak penelitian. Kebanyakan dari masyarakat yang mengkonsumsi kelapa dalam jumlah banyak justru mempunyai kondisi kesehatan yang sangat baik. Sehingga dari bukti-bukti tersebut menunjukkan bahwa memang benar-benar tidak ada korelasi antara konsumsi kelapa dengan sakit jantung melahan justru kelapa sehat buat jantung

Di Sri Lanka, masyarakat di sana justru menggunakan kelapa sebagai sumber lemak utama untuk diet selama ribuan tahun. Konsumsi rata-rata pada masyarakat di negara ini dilaporkan sebesar 90 kelapa per kapita pertahun. Dan dilaporkan pula bahwa angka sakit jantungnya jauh lebih lebih rendah dibandingkan angka sakit jantung penduduk yang tidak mengkonsumsi kelapa.

Jadi tak ada salahnya jika kita banyak mengkonsumsi kelapa karena sebenarnya memang banyak hal-hal positif yang dapat diperoleh dari kelapa. Dan tidak berlebihan juga kalau FDA (Food and Drug Administration) telah memasukkan minyak kelapa (khususnya) dalam daftar makanan yang sangat dianggap aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Pemasaran

Pemasaran telah berubah cepat akibat perubahan lingkungan baik bisnis maupun non bisnis, yang diidentifikasi dari: 1.   Perubahan perila...