Kamis, 30 Desember 2010

KHASIAT JINTEN HITAM (Nigella sativa (black cumin)

KHASIAT JINTEN HITAM (Nigella sativa (black cumin)

July 8, 2008 by simonbwidjanarko

Jintan hitam (Nigella sativa Linn.) adalah rempah-rempah yang dapat pula digunakan sebagai tanaman obat [1]. Rempah ini berbentuk biji hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Nigella sativa mengandung nutrisi, minyak essensial dan asam lemak. Komposisi nutrisi biji Nigella sativa yaitu: protein 21%; karbohidrat 35%; lemak 35-38%. Nutrisi yang dikandung biji jinten hitam dalam 100 g kadar air yaitu: energi 531 kcal; protein 20,8 g; thiamin 1,5 mg; riboflavin 0,1 mg; piridoksin 0,5 mg; niacin 5,7 mg; kalsium 185,9 mg; iron 10,5 mg; copper 1,8 mg; zinc 6 mg; phosphorus 526 mg; folacin 0,061 mg (Susilo, 2006).

Minyak Nigella sativa dengan komposisi minyak essensial 1,4% mengandung: carvone 21.1%; α-pinene 7.4%; sabinene 5.5%; β-pinene 7.7%; P-cymene 46.8%; lain-lain 11.5%. Minyak Nigella sativa juga mengandung asam lemak, yaitu: myristic acid (C14:0) 0.5%; palmitic acid (C16:0) 13.7%; palmitoleic acid (C16:1) 0.1%; stearic acid (C18:0) 2.6%; oleic asam (C18:1) 23.7%; linoleic acid (C18:2) (omega-6) 57.9%; linolenic acid (C18:3n-3) (omega-3) 0.2%; arachidic acid (C20:0) 1.3%. Asam lemak jenuh dan tak jenuh yang dikandung minyak
Nigella sativa yaitu: saturated acid 18,1 %; monounsaturated acids 23,8 %; polyunsaturated acids 58,1 % (Susilo, 2006).

Nigella sativa juga terdiri dari minyak atsiri, minyak lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, dan timokonon. (Republika, 2004) Monosakarida dalam bentuk glukosa rhamnose, xylose, arabinose non-starch polisakarida, arginin, asam linoleic (omega-6), asam linolenic (omega-3) (Wijayakusuma, 2002).

Biji jinten hitam bisa di beli di pasar (wet market), bila anda memerlukan dalam jumlah sedikit cukup beli Rp. 3.000 – 5.000. kemudian bisa di gerus atau di giling/blender. Beli kapsul kosong warna apa saja di toko obat cina. Masukkan bubuk jinten tsb ke dalam kapsul. Minum 1 atau 2 x/hari. Khasiat yang telah saya alami, buang air kecil (kencing) menjadi lebih lancar dan buanyak. Jadi kapsul jinten hitam ini yang saya alami sendiri cocok untuk mereka yang ada gangguan prostat. Beberapa teman saya yang kena gangguan asam urat juga terbukti cocok. Kulit dan persendiaan kaku menjadi lebih lemes. Dari kandungan asam lemak omega 3 dan minyak essesial tsb, memang biji jinten hitam cocok untuk melawan radikal bebas. Khasiat jinten hitam antara lain: peluruh buang angin, kencing, gangguan pencernakan, mengurangi rasa sakit akibat haid dan haid yang tidak teratur, menghilangkan bengkak karena asam urat, rematik, merawat kehalusan kulit, menambah daya stamina (jadi lebih tahes bro)


Penelitian dan Studi Farmasi Modern tentang Habbatus Sauda’
Februari 26, 2009
tags: Habbatussauda, hasil penelitian
oleh admin

i

Most Popular Content All | Today | This Week | This Month

* Multi Manfaat Luar Biasa Buah KurmaRated 5/5 (5 Pemilih)
* Ternyata Kurma Bisa Mencegah Stroke!Rated 5/5 (4 Pemilih)
* Si Merah Rosella, Cantik nan Berkhasiat Rated 5/5 (3 Pemilih)

create your own rating
Quantcast
4 Pemilih

Quantcast

1. Biji Habbatus Sauda’ (Nigella Sativa) menunjukkan aksi galactogogue pada tikus percobaan, artinya bahwa terdapat peningkatan volum kotoran tikus yang diberi makan biji-bijian tersebut. Uji histology menunjukkan lebih banyak proliferasi dari aktivitas acnidan secretari pada jaringan payudara pada induk tikus yang memakan biji N. Sativa (Agarwala et al, 1987).

2. Peningkatan volume susu yang diobservasi pada kambing setelah mengkonsumsi Habbatus Sauda’ sebanyak 100 mg/kb berat selama 10 hari (Vihan and Panwar, 1987).

3. Persiapan pengobatan herbal dengan salah satu unsurnya Habbatus Sauda’ menunjukkan efek hypoglycemic yang jelas pada percobaan hewan Eskander et. al (1995) Pada studi lebih lanjut campuran serbuk biji-bijian yang mengandung Habbatus Sauda’ yang dipakai untuk teh herbal menunjukkan efek nyata hypoglycemic pada alloxan termasuk tikus yang menderita diabet. (E1.Sabrawy et. at: 1996).

4. Aplikasi pada lotion yang mengandung Habbatus Sauda’ menunjukkan kemampuan penyembuhan luka setelah diuji coba pada luka di kambing, domba, dan anak sapi. (Ahmed et. al. 1995).

5. Kandungan aktif biji Habbatus Sauda’ mengandung asam lemak yang setelah dikaji dapat berfungsi sebagai anti tumor melawan sel-sel Ehrlich ascities carcinoma (ECA), Dalton lymphomia ascities (DLA and Sarcoma 180 (5 180). Cytotoxicity 50% telah diteliti pada dosis pemakaian 1.5 mg, 3 mg and 1.5 mg, dengan hasil sedikit aktivitas melawan lymphocytes (Salomi et. al. 1992).

6. Ekstrak Etanol dari Habbatus Sauda’ dalam dosis 200 mg/kg dapat sedikit menghambat copper acetate yang diindusi pada ovulasi kelinci (Vohora et. al. 1973) . Air, Etanol (90%) dan ekstrak lainnya yang dikonsumsi oral tidak menunjukkan adanya penghambat pertumbuhan dan aktivitas resorptive pada tikus albino (Prakash dan mathur, 1976) namun terdapat aktivitas estrogenic pada tikus yang belum dewasa (Maurya et. al. 1983).

7. Ekstrak Alkohol pada Habbatus Sauda’ dapat menghambat pertumbuhan E. coli, S. Aureus sedangkan ekstrak air menjadi tidak aktif (Kurup, 1956) . Ekstrak petroleum yang ditemukan aktif untuk melawan M. pyogenes, B, subtilis, D. pneumoniae dan S. pyrogens (bhatnagar, et. al. 1961).

8. Ekstrak etanol (50%) dari N. sativa menunjukkan aktivitas antiprotozal melawan E.histolytica turunan STA (Dhar et. al. 1968) . Minyak volatie dari Habbatus Sauda’ memiliki efek anti spasmodic yang memungkinkan aktivitas calcium autagonistic (aquel 1993).

9. Ekstrak etanol (50%) Habbatus Sauda’ menunjukkan hasil pada anjing / kucing, aktivitas lemah, spasmolytic yang terisolasi pada babi ileum guinea dan ekstrak efek depresi CNS pada tikus. Ini juga menunjukkan suatu antagonis terhadap hiperaktif amphetamin pada aktivitas anti kanker melawan Lewis lung carcinoma (Dhar et. al. 1968) . Minyak volatile dari Habbatus Sauda’ memiliki efek anti spasmodic yang memungkinkan aktivitas calcium autagonistic (aquel 1993).

10. Ekstrak biji-bijian dari Habbatus Sauda’ menunjukkan kemampuannya dalam mencegah gangguan pada gigi (Namba et. al. 1985) sementara minyaknya dapat dipakai untuk obat anti serangga(Deshpande et. el. 1974), brorichodilator (mahfouz et. al. 1962; El Dakhakhny, 1965; Mahafouz et. al. 1996) , immunopotentiating (El kadi and Kandil, 1987) dan aktivitas hypotensive.


Penggunaan dan Pengobatan Habbatus Sauda’
Februari 25, 2009
tags: blackseed, Habbatussauda
oleh admin

i

4 Pemilih

Quantcast

Dikenal luas dengan sebutan “Biji yang mengandung Berkah” , Habbatus Sauda’ atau Black Seed atau Nigella sativa -jika di Indonesia biasa menyebutnya ‘Jinten Hitam’- telah digunakan sebagai penyembuh alami di Timur dan Timur Jauh selama lebih dari 2000 tahun. Habbatus Sauda’ mengandung kandungan nutrisi dalam menjaga system kekebalan tubuh.

Pada tahun 1959, kandungan aktif Habbatus Sauda’, crystalline Nigellone, pertama kali diisolasi dan diidentifikasi memiliki kandungan yang menguntungkan. Uji coba klinis telah membuktikan bahwa Habbatus Sauda’ dapat meningkatkan kesehatan. Hal yang paling berhubungan dengan black seed harus dibedakan antara pendekatan religius dengan kesehatan dan dihubungkan dengan gaya hidup setiap orang. Dengan cara ini, banyak kandungan nutrisi dan proses penyembuhan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sepanjang hari, dengan memasok sumber maksimum dalam mencegah dan mengobati penyakit.

1. Habbatus Sauda’ sebagai suplemen kesehatan sehari-hari
Banyak obat bekerja maksimal jika dikonsumsi dengan penuh, dan hal ini berlaku pula pada black seed. Dalam pengetahuan mengenai kandungan nutrisi, juga kandungan medis, kemampuan tubuh dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan menggunakan bahan-bahan alamiah dapat dicapai dengan pemakaian regular black seed.

2. Habbatus Sauda’ sebagai sumber energi
Ibnu Sina (980-1037), dalam menjelaskan Habbatus Sauda seperti berikut “menstimulasi energi tubuh dan membantu dalam mengatasi kelelahan dan kehilangan semangat,” dan masih dipakai sebagai pegangan untuk Tibb (obat islami) saat ini. Kandungan nutrisi dalam Habbatus Sauda dinilai oleh para ahli sebagai sumber energi. Dari perspektif kesehatan Tibb, Habbatus Sauda memiliki kemampuan dalam menjaga suhu tubuh. Sistem diet di Barat, biasanya dengan menggunakan makanan dingin minum es, yogurt, pizza, keju semuanya menghilangkan suhu tubuh sebagai fungsi optimal. Tibb berpegang pada pandangan bahwa penurunan pulsa metabolis (suhu tubuh dalam) merupakan penyebab banyak penyakit. Tubuh, ketika kehilangan energi, juga akan hilang kemampuannya dalam melawan racun, dengan demikian dapat menyebabkan penyakit.


Efek Penyembuhan dari Habbatus Sauda’
Februari 20, 2009
tags: Habbatussauda
oleh admin

i

8 Pemilih

Quantcast

Saat minum Habbatus sauda’ biasanya akan muncul gejala penyembuhan yang menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman. Ini adalah proses pembuangan racun-racun (detoksifikasi) yang ada di dalam tubuh yang memunculkan keadaan berbeda pada tiap orang, diantaranya pada wanita ada yang mengalami keputihan atau munculnya jerawat; muncul gatal-gatal pada penderita asma (atau penyakit alergi lainnya); muncul rasa sakit (pegal-pegal) di pinggang, kaki, atau tangan; seakan-akan sejarah penyakit yang lama muncul kembali; diare; banyak buang air kecil; gejala demam atau flu; sakit kepala atau migraine (umumnya pada perokok dan peminum alkohol); mual-mual atau kembung; lesu; banyak mengeluarkan dahak atau lendir; gangguan emosional; dan lainnya.
Efek penyembuhan ini tidak berlangsung lama, akan berakhir 2-3 hari tergantung pada kondisi kesehatan seseorang.
Tidak semua orang yang mengkonsumsi Habbatus Sauda’ ini mengalami proses detoksifikasi, tergantung daya tahan tubuh (imunitas) yang dimiliki.
Pada saat terjadi efek pembuangan racun ini, tindakan yang dilakukan adalah:
1. Tidak usah khawatir, karena hal ini adalah bukti bekerjanya Habbatus sauda’ di dalam tubuh kita.
2. Teruskan minum Habbatus sauda’ (jangan dihentikan)
3. Perbanyak minum air putih
4. Kurangi dosis pemakaian, misalkan dari 2×2 kapsul atau 3×2 kapsul sehari menjadi 1×2 kapsul sehari.

Habbatus sauda‘ akan memberi hasil yang optimal bila diminum dalam keadaan perut kosong. Karena itu dianjurkan untuk minum Habbatus sauda’ minimal setengah jam sebelum makan, kecuali bagi penderita maag minumnya 2 jam setelah makan.


Keajaiban Habbatus Sauda’
Februari 20, 2009
tags: blackseed, Habbatussauda
oleh admin

i

9 Pemilih

Quantcast

Habbatus sauda’ (nigella sativa) adalah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam menyebutkan bahwa Habbatus sauda’ adalah obat bagi semua penyakit kecuali kematian. Disebutkan oleh Imam Al-Bukhari (hadits no. 5687), beliau meriwayatkan hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa dia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, artinya:
“Sesungguhnya di dalam Habbatus sauda’ terkandung obat untuk segala penyakit, kecuali as-sam.” Aku bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Maut.”

Di dalam riwayat Muslim (no. 2215) disebutkan:
“Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatus sauda’ terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian.”

Menurut sejarah tanaman herbal ini berasal dari Mediterania (terutama Mesir) dan sekarang telah tersebar ke banyak wilayah dunia seperti di jazirah Arab (Yaman, Saudi Arabia), Siria, Irak, sebagian Asia Tengah (India, Pakistan), negara-negara Laut Tengah (Yunani, Siprus) dan Amerika.

Pakar medis di masa kini telah banyak yang mengakui kehebatan khasiat Habbatus Sauda. Dr. Stanley Kopok (USA) berkata: ”Habbatus sauda’ memiliki peran sangat penting untuk mencegah tumor dan dalam jangka waktu lama memperkuat sistem kekebalan tubuh” Sementara Dr. Tajul Aris Yang (Malaysia) mengatakan bahwa Omega yang terkandung dalam Habbatus sauda’ lebih besar 10 kali lipat dari pada DHA dan EPA.Beberapa manfaat Habbatus sauda’ diantaranya:
1. Menguatkan sistem kekebalan (immunity)
Berdasarkan hasil penilitian, jinten hitam dapat meningkatkan jumlah sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Keberhasilannya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo (hanya 7%). Demikian Dr. Basil Ali dan rekannya dari College of Medicine, di Universitas King Faisal menerangkan dalam jurnal Pharmasetik Saudi.

2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Habbatus sauda’ merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

3. Meningkatkan daya tahan hormon
Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon, di antaranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan gairah seksual. Salah satu kandungan Habbatus sauda’ adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon.

4. Menetralkan racun dalam tubuh
Habbatus sauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

5. Mengatasi gangguan tidur dan stress
Sapion yang terdapat pada Habbatus Sauda’ mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf.

6. Anti Histamin
Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dari Habbatus Sauda’ dapat mengisolasi dithymoquinone. Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari Volatile Nigella. Pemberian minyak ini hasilnya positif terhadap penderita asma bronchial.

7. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
Habbatus sauda’ mengandung minyak atsiri dan minyak volatil yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare.

8. Melancarkan air susu ibu
Koordinasi bagian lemak dan struktur hormon yang terdapat pada Habbatus Sauda’ dapat melancarkan air susu ibu.

9. Tambahan nutrisi ibu hamil
Pada masa pertumbuhan, anak memerlukan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat pada Habbatus Sauda’ merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

10. Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan
Habbatus sauda’ sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan, dan keremajaan kulit.

11. Nutrisi tambahan
Habbatus Sauda kaya dengan kandungan nutrisi sebagai tambahan tenaga, sangat cocok untuk orang lanjut usia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun.
Habbatus sauda’ juga mengandung 15 jenis asam amino penyusun protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat di produksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus disuplai dari makanan.

Demikian beberapa manfaat Habbatus sauda’ yang berhasil dikaji dari berbagai penelitian, semuanya bermuara pada satu kesimpulan akan kebenaran sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam bahwa di dalam Habbatus Sauda’ memang terdapat obat bagi segala penyakit kecuali kematian. Inilah keajaiban Habbatus sauda’ dibanding dengan obat-obatan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Pemasaran

Pemasaran telah berubah cepat akibat perubahan lingkungan baik bisnis maupun non bisnis, yang diidentifikasi dari: 1.   Perubahan perila...